Categories: Nasional

Berpotensi Bangkitkan PKI, MUI se-Indonesia Tolak RUU HIP yang Dibahas DPR

Bulukumbapos.com – Nasional – Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat dan MUI Provinsi se-Indonesia mengeluarkan maklumat tegas terkait Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang sedang digodog di DPR RI.

Dilansir dari Suaraislam. Id, MUI menilai, tidak dicantumkannya TAP MPRS No. XXV Tahun 1966 tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia (PKI), Pernyataan sebagai Organisasi Terlarang di Seluruh Wilayah NKRI bagi PKI dan Larangan Setiap Kegiatan untuk Menyebarkan atau Mengembangkan Paham atau Ajaran Komunis, Marxisme dan Leninisme dalam konsideran RUU HIP adalah sebuah bentuk pengabaian terhadap fakta sejarah yang sadis, biadab dan memilukan yang pernah dilakukan oleh PKI di Indonesia, sehingga sama artinya dengan persetujuan terhadap pengkhianatan bangsa tersebut.

Menurut MUI, RUU HIP telah mendistorsi substansi dan makna nilai-nilai Pancasila, sebagaimana yang termaktub dalam pembukaan dan batang tubuh UUD 1945.

Kami memaknai dan memahami bahwa Pembukaan UUD 1945 dan batang tubuhnya telah memadai sebagai tafsir dan penjabaran paling otoritatif dari Pancasila, adanya tafsir baru dalam bentuk RUU HIP justru telah mendegradasi eksistensi Pancasila,” ujar Wakil Ketua Umum MUI KH Muhyiddin Junaidi melalui pernyataannya yang diterima Suara Islam Online, Jumat (12/6/2020).

MUI juga menilai, memeras Pancasila menjadi Trisila lalu menjadi Ekasila yakni “Gotong Royong”, adalah nyata-nyata merupakan upaya pengaburan dan penyimpangan makna dari Pancasila itu sendiri, dan secara terselubung ingin melumpuhkan keberadaan sila pertama, Ketuhanan yang Maha Esa yang telah dikukuhkan dengan pasal 29 ayat (1) UUD 1945, serta menyingkirkan peran agama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Dengan demikian hal ini adalah bentuk pengingkaran terhadap keberadaan pembukaan dan batang tubuh UUD 1945 sebagai dasar negara, sehingga bermakna pula sebagai pembubaran NKRI yang berdasarkan pada lima sila tersebut,” ungkap Kiai Muhyiddin.

MUI juga mendukung sepenuhnya keberadaan TNI sebagai penjaga kedaulatan NKRI sekaligus pengawal Pancasila.

“Karena itu, jika ternyata ada indikasi penyebaran paham komunis dengan pelbagai cara dan kedok, mari segera laporkan kepada pos atau markas TNI terdekat,” pesan Kiai Muhyiddin.

“Bila maklumat ini diabaikan oleh Pemerintah Republik Indonesia, maka kami Pimpinan MUI Pusat dan segenap Pimpinan MUI Provinsi se-Indonesia mengimbau umat Islam Indonesia agar bangkit bersatu dengan segenap upaya konstitusional untuk menjadi garda terdepan dalam menolak paham komunisme dan berbagai upaya licik yang dilakukannya, demi terjaga dan terkawalnya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” seru Kiai Muhyiddin.

Oleh karena itu, MUI meminta kepada fraksi-fraksi di DPR RI untuk tetap mengingat sejarah yang memilukan dan terkutuk yang dilakukan oleh PKI terutama peristiwa sadis dan tak berperikemanusiaan yang mereka lakukan pada 1948 dan 1965 khususnya.
(Sumber: Suaraislam. Id) #Ikhwan / BP

Edited and Published: Juni 13, 2020 6:02 pm

Sponsored News

Berita Terbaru

Anak Panti Asuhan dan Penyandang Disabilitas ber ‘Muharram Ceria’ di Borkal Bonto Tiro

Bulukumbapos.com - Puluhan anak-anak yatim piatu dari berbagai Panti Asuhan dan penyandang disabilitas mengikuti program…

12 jam lalu

631 Peserta Ikut Ujian SKB CPNS di Kantor BKN Makassar, Siapa Peraih Nilai Tertinggi?

Bulukumbapos.com - Makassar - Pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Bulukumba untuk Seleksi…

19 jam lalu

Operasi Yustisi, Polres Bulukumba bersama Kodim dan Satpol PP Himbau Warga Pakai Masker

Bulukumbapos.com - Kepolisian Resor Bulukumba bersama Instansi terkait menggelar Operasi Yustisi di di Beberapa titik…

1 hari lalu

Info Covid-19, Bertambah 3 Positif di Bulukumba, Sembuh 243 dari Total 258 Kasus

Bulukumbapos.com - Pasien positif Covid-19 Bulukumba kembali bertambah. Berdasarkan laporan hasil Swab per 15 September…

3 hari lalu

Diduga Bunuh Diri, Seorang Gadis Ditemukan Tergantung di Bintarore Bulukumba

Bulukumbapos.com - Warga Bintarore digegerkan dengan adanya kejadian seorang perempuan muda berusia 18 tahun, yang…

3 hari lalu

Syekh Ali Jaber Ditusuk Saat Ceramah, Ini Reaksi Dai Muda Bulukumba

Bulukumbapos.com - Ulama kharismatik Syekh Ali Jaber mendapat serangan penusukan dari orang tak dikenal (OTK)…

3 hari lalu