Bosan di janji, Masyarakat Bersihkan Sendiri Saluran Sungai yang Tertimbun Longsor

oleh -Dibaca sebanyak 73 kali

BulukumbaPos – Puluhan warga bergotong royong membersihkan bantaran sungai di desa Bulolohe Kec. Rilau Ale pada Sabtu (5/1/19), saluran ini merupakan induk dari sungai yang mengaliri beberapa desa tetangga di antaranya desa Tanah Harapan, desa Bonto Manai, desa Topanda sampai desa Padang Loang.

Pembersihan secara manual di lakukan warga setelah pondasi yabg baru di bangun sebulan lalu di pinggir saluran itu longsor akiba hujan beberapa hari lalu dan menyebabkan alur air di sungai induk itu terganggu.

Andi Jemma Kepala Desa Topanda yang turut dalam kerja bakti bersama warganya mengatakan:”Saluran ini baru baru dikerjakan dengan anggaran dari APBN tapi karena longsor beberapa hari lalu akibat hujan, akhirnya pondasi yang yang telah di bangun sepanjang kurang lebih 50 meter itu ambruk”.

“Waktu pertama longsor masyarakat berbondong bondong untuk membersihkan saluran yg tertimbun tp karna banyaknya material batang pohon besar yang tumbang dan batu hingga tidak bisa dilakukan,dan pihak kontraktor yang mengerjakan proyek ini telah dihubungi oleh masyarakat melalui Kepala Desa Tanah Harapan telah berjanji akan membantu dengan alat beratnya tapi sampai saat ini tak kunjung datang, maka warga berinisiatif untuk membersihkan sendiri, walau secara manual, kami juga akan meminta bantuan dari dinas terkait untuk membantu kami menangani masalah ini,” Ungkap Kepala Desa Topanda yang baru saja terpilih kembali untuk peroide kedua ini. (**ikhwan)