Bupati Bulukumba Hadiri Roadshow Edukasi Cinta Rupiah oleh Bank Indonesia

oleh -Dibaca sebanyak 55 kali
Foto bersama Bupati, Kepala BI Kantor Perwakilan Sulsel dan para pimpinan Bank.

Bulukumbapos.com – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan sosialisasi dan edukasi Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah di Aula Hotel Agri Jl. R. Suprapto, Tanah Kongkong, kamis (17/6/2021) siang.

Kegiatan yang bertajuk “Menebar Semangat Cinta Rupiah ke Penjuru Negeri” tersebut dihadiri Bupati Bulukumba H. A. Muchtar Ali Yusuf, Anggota DPRD Bulukumba Zulkifli Saiye S.PI, Forkopimda Bulukumba, para Kepala OPD, para Pimpinan Lembaga Perbankan Bulukumba serta jajaran, para Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, serta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kabupaten Bulukumba.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia Sulawesi Selatan ini diawali pembacaan doa oleh Ust. Ikhwan Bahar Ketua Dai Muda Bulukumba yang dilanjutkan pemutaran video Cinta Rupiah

Rencananya roadshow ini akan diadakan di 24 Kota dan Kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan, hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Sulsel Budi Hanoto.
“Kami rencananya Roadshow ke 24 Kabupaten Kota, salah satunya yang kami kunjungi yaitu Kabupaten Bulukumba”, ungkap Budi.

Kakanwil BI Sulsel juga mengatakan pelaksanaan Roadshow tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga dan merawat fisik mata uang Rupiah sebab Rupiah merupakan salah satu simbol kedaulatan Negara Indonesia. Selain itu, kegiatan CBP juga bertujuan untuk mengedukasi identitas, karakteristik, serta makna – makna yang terkadung pada masing – masing pecahan uang Rupiah.
“kenapa ini menjadi penting, karena tidak semua masyarakat kita paham ciri – ciri uang kertas Rupiah itu sendiri, sehingga roadshow ini bukan hanya mengedukasi tentang fisik mata uang, tetapi juga mengenali makna uang Rupiah itu sendiri”, tambah Budi.

Bupati Bulukumba dalam sambutannya menyampaikan apresiasi serta menyambut baik kehadiran Bank Indonesia untuk mengedukasi masyarakat Bulukumba akan pentingya menjaga mata uang Rupiah yang sudah menjadi simbol kedaulatan Negara.
“Saya selaku pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan menyambut baik acara ini sebagai upaya mengajak masyarakat untuk cinta mata uang Rupiah sebagai salah satu simbol negara dan mata uang kebanggaan Indonesia”, ucap Andi Utta sapaan akrab Bupati.

Diketahui beberapa hari sebelumnya, BI Sulsel melakukan audiensi ke Bupati Bulukumba guna membahas mengenai beberapa program kegiatan Bank Indonesia di Kabupaten Bulukumba, salah satunya sosialisasi CBP Rupiah dan Digitalisasi Keuangan. Sehingga Bupati sangat mendukung penuh upaya digitalisasi keuangan.

Menurut Bupati, hal tersebut dapat memudahkan segala urusan keuangan termasuk dalam hal transaksi berbasis elektronik yang mana dinilai lebih aman dibandingkan membawa fisik mata uang dalam jumlah banyak sebagaimana Bupati mencontoh negara – negara lainnya yang sudah menerapkan transaksi elektronik, terlebih dengan adanya undang – undang yang menjamin keamanan transaksi digital.
“sekarang dengan teknologi yang sudah canggih tidak lagi harus membawa fisiknya, tapi semua bisa by-electronic sehingga lebih safety dan kamtibmasnya bisa diminimalkan, ini sangat membantu”, tutur Bupati.

Setelah sesi sambutan dilanjutkan dengan sesi coffe break yang dirangkaikan talkshow oleh pemateri dari Bank Indonesia dengan para peserta acara yang hadir maupun yang mengikuti via Zoom.

Penulis: Ikhwan / BP