Calhaj Asal Bulukumba Sulsel Kunjungi Kebun Kurma di Madinah

oleh -Dibaca sebanyak 179 kali

BulukumbaPos – Bagi para calon jamaah haji (CJH) dan jamaah umrah, berkunjung ke Madinah seolah tak lengkap alias kurang afdal, jika tak mengunjungi perkebunan kurma yang memang banyak ditemukan di Madinah.

Madinah memang terkenal dengan kurma-kurmanya yang lezat dan berkualitas tinggi. Sebut saja namanya Ajwa, Sukkari dan Ambar, kesemua kurma tersebut tumbuh banyak di Madinah.

Sabtu pagi (13/7/2019), ratusan CJH asal Bulukumba Sulawesi Selatan berkunjung ke Al Barokah, salah satu perkebunan kurma ternama di Madinah yang lokasinya berdekatan dengan Masjid Quba.

Di bagian tengah perkebunan kurma Al Barokah terdapat bangunan besar, di dalamnya terdapat puluhan outlet pernjualan kurma dengan berbagai jenis dan variannya.

Tak heran ketika CJH asal Bulukuma, saat tiba di lokasi tersebut, mereka langsung “menyerbu” outlet-outlet yang ada. Di antara mereka ada juga terlebih dahulu mencoba mencicipi kurma-kurma yang dijajakan. “Halal…halal…silakan dicoba satu atau dua biji,” seru salah seorang sales kurma dengan menggunakan bahasa Indonesia yang fasih.

Ada dua macam kurma yang paling banyak dibeli oleh para pengunjung, yaitu kurma Ajwa (dikenal pula sebaga kurma nabi) dan kurma Sukkari.

Selain itu, terdapat pula jamaah lainnya yang memborong berbagai macam coklat kurma, sebuah produk olahan khas Madinah.***

Laporan: Muhammad Yusuf Shandy dari Madinah Al-Munawwarah
Editor : Ikhwan_BP