Dakwah: Tantangan Generasi Muda Islam di Era Millenial

oleh -Dibaca sebanyak 161 kali

BulukumbaPos – Detik demi detik, menit demi menit, tahun demi tahun, abad demi abad, begitu banyak perubahan yang terjadi dalam segala aspek kehidupan kita. Entah itu perubahan kearah yang lebih baik atau malah sebaliknya, bahkan ada juga yang tujuan awalnya baik namun akhirnya mengenaskan.

Salah satu contohnya adalah perkembangan teknologi, perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi gaya hidup yang semakin mencolok dikarenakan perkembangan teknologi memengaruhi model berkomunikasi massa untuk melakukan kegiatan hidup harian. Dulu internet dianggap sebagai sesuatu yang “wah” dan rumit bagi orang awam,namun sekarang bisa kita lihat sendiri faktanya seperti apa. Internet telah menjadi sesuatu yang umum bagi banyak orang atau mungkin kita termasuk salah satu diantaranya yang mempunyai hampir semua akun di jejaring sosial, berinteraksi secara intensif dengan individu lain secara maya dan sayangnya beberapa individu sekarang ini terlalu over dalam memandang atau mengunakan gadget miliknya, kebanyakan dia tidak berfikir apa yang di lakukannya berdampak seperti apa. Dimana pun dan kemana pun individu tersebut berada,dia tidak akan lepas dengan handphonenya karena di era sekarang handphone sudah menjadi kebutuhan.

Ditambah lagi sekarang ini sudah memasuki era smartphone, sehingga banyak yang bisa dilakukan dalam satu genggaman saja. Berbagai macam aplikasi yang tersedia di internet mampu memberikan perubahan yang mencolok dalam kehidupan seseorang, khususnya bagi generasi penerus bangsa saat ini yang dimana waktu seakan habis sia-sia hanya karena sebuah hal yang mungkin kita sendiri tidak mampu untuk pertanggungjawabkan dihadapan Allah swt kelak.

Maka dari itu, terkhusus untuk saudara ku yang masih muda, mari kita manfaatkan masa muda kita dengan memperbanyak amal sholeh yang dicintai Allah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
«سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللَّهُ فِى ظِلِّهِ يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلاَّ ظِلُّهُ … وَشَابٌّ نَشَأَ فِى عِبَادَةِ رَبِّهِ» .
“Ada tujuh golongan manusia yang akan dinaungi oleh Allah dalam naungan (Arsy-Nya) pada hari yang tidak ada naungan (sama sekali) kecuali naungan-Nya: …Dan seorang pemuda yang tumbuh dalam ibadah (ketaatan) kepada Allah …” .(Oleh: A. Ainun Annisa Pengurus Majelis Dai Muda Bulukumba)