Categories: Religi

Darul Istiqamah Lappae Sinjai, Pesantren Dipelosok dengan Ratusan Santri, Kini Membina Tahfidzul Quran

Bulukumbapos.com – Salah satu pesantren yang cukup dikenal dibagian selatan Sulawesi Selatan ada Pesantren Darul Istiqamah Lappa’e Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai.

Dari data yang dihimpun Bulukumbapos.com diketahui kalau pesantren Darul Istiqamah Lappa’e ini telah berdiri sejak tahun 1982 M/1403 H, dan masih eksis hingga saat ini, bahkan mengalami perkembangan yang signifikan, baik dari sisi jumlah santri maupun dari sisi pembangunan sarana belajar dan pemondokan santri.

Ust. Nasir, S. Pd, M. Pd Pimpinan Pesantren Darul Istiqamah Lappa’e menyampaikan bahwa pesantren ini berada dibawah naungan Yayasan Pengemban Amanah Ummat (YPAU) dan merupakan salah satu cabang dari Pesantren Darul Istiqamah yang berpuasat di Kabupaten Maros Sulsel.

Dalam wawancara khusus dengan Ustad Nasir, pimpinan Pesantren Darul Istiqamah Lappae, ia menceritakan latar belakang berdirinya Pesantren Darul Istiqamah Lappae, berawal dari inisiasi dari Almarhum K.H.Ahmad Marzuki Hasan Pendiri Pesantren Darul Istiqamah, dari tanah milik beliau di desa Kalobba yang diwakafkan untuk pendirian pesantren, selanjutnya beliau menunjuk pimpinan sebagai pengelola pesantren dengan santri pertama sebanyak 20 orang, beliau juga menyarankan pada pimpinan cabang Lappae dan pengurus untuk mencari tempat yang lebih strategis guna pengembangan pondok pesantren, pada akhirnya jamaah sekitar ikut berinisiatif untuk membebaskan lahan seluas 1 hektar dan beberapa tahun kemudian, simpatisan pesantren kembali menambah wakaf tanah menjadi 2 hektar seperti yang ditempati sekarang ini.

Sejak berdiri pada tahun 1982,Pesantren Darul Istiqamah Lappa’e telah mengalami beberapa kali pergantian pucuk pimpinan, merupakan pimpinan pertama adalah Ust. Yunus, lalu Ust. Kadir, kemudian Ust. Mahmuddin, selanjutnya Ust. Ansar Lamiri, dilanjutkan Ust. Mappiati kepada Ust. Suardi dan saat ini dipimpin Ust. Nasir.

Pesantren Darul Istiqamah Lappa’e saat ini membina jenjang pendidikan formal pada tingkat MTs (Madrasah Tsanawiyah dan MA (Madrasah Aliyah) dengan jumlah santri laki-laki dan wanita sebanyak 350 orang, dan dua tahun terakhir mendirikan kelas khusus Tahfidzul Quran dengan santri yang dibatasi hanya 40 orang selain itu membina juga Panti Asuhan untuk santri dari Yatim Piatu dan Kurang Mampu.

Berdiri diatas lahan seluas kurang lebih 2 hektar, Pesantren Darul Istiqamah Lappa’e memiliki fasilitas ruang kelas, masjid putra dan putri, lapangan olahraga untuk putra dan putri, juga asrama untuk putra dan putri serta kebun,ditunjang dengan tenaga pengajar yang handal baik Pembina khusus santri putra dan putri juga tenaga pengajar yang tinggal didalam pesantren maupun yang dari luar pesantren.
Penulis: ikhwan / BP

Edited and Published: Oktober 21, 2020 10:38 pm

Sponsored News

Berita Terbaru

Touring Kepahlawanan, TRCI Ajak Bersatu di Tengah Pandemi

Bulukumbapos.com -- November dikenal sebagai bulan pahlawan. Setiap 10 November, diperingati sebagi Hari Pahlawan. Sebagai…

2 hari lalu

[Sisi Religi] Warga Binaan LAPAS Bulukumba Belajar Agama Bersama Majelis Dai Muda

Bulukumbapos.com - Jumat (20/11/2020) pagi suara orang mengaji, bergemuruh dari dalam Masjid Kompleks LAPAS Kelas…

3 hari lalu

Mahasiswa STIKES Panrita Husada Terima Beasiswa Pendidikan dari BAZNAS Bulukumba

Bulukumbapos.com -  Sebanyak 10 orang mahasiswa STIKES Panrita Husada Bulukumba kembali menerima beasiswa dari BAZNAS…

3 hari lalu

Kondisi Terkini Renovasi Masjid Al-Anshar Makodim 1411 Bulukumba

Bulukumbapos.com - Masjid Al-Anshar yang terletak di Kompleks Kodim 1411 Bulukumba telah mengalami perubahan setelah…

4 hari lalu

Sah…! Briptu Hendra Nikahi Sumarni Pengurus Dai Muda Bulukumba

Bulukumbapos.com - Salah satu pengurus Majelis Dai Muda (MDM) Bulukumba melepas masa lajangnya, wanita asal…

5 hari lalu

UPPM STAI Al-Gazali Bulukumba Gelar Seminar Hasil Penelitian Dosen dan Mahasiswa

Bulukumbapos.com - UPPM (Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) STAI Al-Gazali Bulukumba mengadakan Seminar dan Review…

5 hari lalu