Demokratis, MTsN 1 Bulukumba Pilih Wakamad dengan Sistem Pemilihan Langsung

oleh -Dibaca sebanyak 43 kali
Kepala Madrasah MTsN 1 (Tengah) berpose dengan para Wakamad Terpilih usai Prosesi Pemilihan.

Bulukumbapos.com – Satu bentuk sistem demokrasi di dunia pendidikan diterapkan oleh Civitas Akademik MTsN 1 Bulukumba Bontomacinna dengan menggelar Pemilihan Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) secara terbuka, pada Selasa (15/12/2020) bertempat di lapangan upacara MTsN 1 Bulukumba.

Pencabutan Nomor Urut Calon

Ada 4 Wakamad dalam struktur organisasi di MTsN 1 Bulukumba yakni, Akademik,  Sapra (Sarana dan Prasarana), Kesiswaan dan Humas.

Hj Rosmih, Ketua Panitia Penjaringan Calon Wakamad mengungkapkan bahwa prosesi pemilihan Wakamad ini dimulai dengan pembentukan panitia pelaksana, dilanjutkan masa pendaftaran calon (1-6 Desember 2020) dan sesuai Juknis maka semua guru baik PNS maupun Non PNS berhak mencalonkan diri, selanjutnya penetapan calon untuk dipilih, dan ada beberapa yang mengisi formulir pendaftaran yakni Hj. Hasbiah pada Bidang Kesiswaan, Erna Erawaty pada Bidang Humas, Maksum pada Bidang Akademik, Hj. Siti Fauziyah dan Abd Rahman pada Bidang Sapra untuk selanjutnya dipilih sesuai mekanisme yang ada dengan tetap memperhatikan Protokoler Kesehatan Covid-19.

Dalam sambutannya sebelum prosesi pemilihan, Muhammad Asdar Kepala MTsN 1 Bulukumba menyampaikan: ‘Pemilihan Wakamad ini adalah implementasi Keputusan Dirjen Pendidikan Agama No.1531 Tahun 2020 yang untuk pertama kalinya di terapkan di MTsN 1 Bulukumba Desa Bontomacinna Kec. Gantarang, harapan kita agar sistem ini bisa menjadi pembelajaran dalam berdemokrasi bagi kita semua, minimal dalam lingkup Madrasah dan tentu saja kita berharap prosesi ini menghasilkan Wakamad yang mampu membantu Kepala Madrasah dalam pengelolaan dan pengembangan Madrasah yang lebih baik dan bermartabat dimasa datang’,.

Berikut jadwal pemilihan Wakamad MTsN 1 Bulukumba :

Jadwal dan Mekanisme Pemilihan Wakamad

Penulis : ikhwan / BP