Categories: Galeri

Desiminasi Kampung Zakat di Kahayya, Ini Harapan Kakan Kemenag Bulukumba

Bulukumbapos.com – Pelaksanaan Program KAMPUNG ZAKAT di Desa Kahayya, Kec. Kindang, Bulukumba, Sulsel terus mengalami perkembangan, di berbagai bidang. Perkembangan tersebut diraih dengan dengan kolaborasi dan sinergi yang baik antar-berbagai pihak.

Ahad (18/10) lalu, Kemenag Bulukumba mengumpulkan para penyuluh zakat dan wakaf, dari sepuluh kecamatan yang ada di Bulukumba, untuk melakukan Desiminasi Penguatan Kampung Zakat, di Kahayya.

Kakan Kemenag Bulukumba Dr. H. Ali Yafid mengungkapkan bahwa Program Kampung Zakat telah membuktikan peran pendayagunaan zakat bagi mustahik, di berbagai bidang.

“Saya berharap para penyuluh dapat membawa ilmu dari Kahayya ini, untuk diterapkan di wilayah kerja masing-masing, untuk memperlihatkan kepada masyarakat luas tentang manfaat zakat bagi kehidupan masyarakat,” ucapnya.

Sebagai pemateri kedua, Ketua BAZNAS Kab Bulukumba H. M Yusuf Shandy, mengungkapkan, bahwa zakat dan wakaf memiliki peran besar bagi kemajuan umat, jika keduanya dikelola dengan baik, profesional dan transparan.

Ia menambahkan, kehadiran Program Kampung Zakat di Kahayya telah membawa banyak keberkahan bagi warga Bulukumba, khususnya warga Desa Kahayya. Keberkahan itu dapat dilihat di berbagai bidang.

“Sebagai bagian dari program ZCD BAZNAS, Kampung Zakat bergerak di semua bidang pendistribusian, mulai dari kesehatan, pendidikan, ekonomi, dakwah dan kemanusiaan,” terangnya.

Ia menjelaskan, di bidang kesehatan ada pemeriksaan kesehatan bagi semua warga Kahayya; di bidang dakwah dan pendidikan, selain pelatihan bagi para guru, juga ada pengajian bulanan, pengajian TPA setiap dusun dan pembentukan majelis taklim.

Adapun di bidang ekonomi, pendirian UKM Kopi dan Madu Kahayya, pengembangan produk dan pemasaran Kopi Kahayya. “Saat ini sedang dibagun gudang kopi oleh LAZNAS Dompet Dhuafa, yang akan menjadi sentra produksi Kopi Kahayya,” terangnya.

Sedangkan di bidang kemanusiaan, alhamdhlillah telah dilakukan pelatihan SAR dan pembentukan relawan Kahayya Tanggap Bencana (Katana). Relawan ini terlibat aktif dalam berbagai kegiatan pembangunan di Kahayya, juga terjun ke daerah-daerah yang tertimpa bencana.

Turut hadir dalam acara tersebut Kasi Pengamalan Syariah Zakat dan Wakaf, Kepala KUA Kec. Kindang, dan puluhan undangan lainnya.

Ikhwan / BP

Edited and Published: Oktober 20, 2020 2:11 pm

Sponsored News

Berita Terbaru

40 Orang Dosen STIKES Panrita Husada Bulukumba Ikuti Diseminasi Hasil Penelitian

Bulukumbapos.com - Sebanyak 40 Dosen STIKES Panrita Husada Bulukumba mengikuti Diseminasi Hasil Penelitian untuk program…

15 jam lalu

Ini Jumlah Bencana Alam di Kabupaten Sinjai Selama 2019 sampai 2020

Bulukumbapos.com - Sinjai - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai mencatat sebanyak 34 bencana…

19 jam lalu

Sosialisasi Zakat Profesi, BAZNAS ‘Go To School’ di MTsN 1 Bulukumba

Bulukumbapos.com - Dalam upaya mensosialisasikan Zakat Profesi dikalangan ASN pada Madrasah naungan Kementerian Agama kab.…

19 jam lalu

BEM STIKes Panrita Husada Bulukumba Gelar LDKM Via Virtual

Bulukumbapos.com - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKES Panrita Husada Bulukumba melalui Divisi Kajian Strategis menggelar…

2 hari lalu

TRCI Korwil Sulawesi Kukuhkan Pengurus Chapter SIBUBA (Sinjai Bulukumba Bantaeng)

Bulukumbapos.com - Puluhan Rusher (Sapaan untuk pengguna mobil Toyota Rush) menggelar Touring Kepahlawanan Selama 2…

2 hari lalu

Touring Kepahlawanan, TRCI Ajak Bersatu di Tengah Pandemi

Bulukumbapos.com -- November dikenal sebagai bulan pahlawan. Setiap 10 November, diperingati sebagi Hari Pahlawan. Sebagai…

4 hari lalu