Dispora Launching Rumah Inovasi Pemuda dan Seminar Kepemudaan

oleh -
Seminar

Bulukumbapos – Langkah inovasi kembali di gelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bulukumba dengan menginisiasi program Rumah Inovasi Pemuda Bulukumba (Rinduku). Peluncuran proyek tersebut dilakukan Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali didampingi Kadis Dispora, Andi Asrar Amir, Ketua DPRD yg diwakili oleh H. Safiuddin dan Ketua Majelis Dai Muda Ust. Ikhwan Bahar, di ruang pola kantor Bupati Bulukumba. Selasa, (16/10/2019).

Dalam sambutannya, Andi Sukri mengatakan, proyek inovasi tersebut patut diapreasi. Menurutnya Rinduku sangat diperlukan di Bulukumba mengingat daerah ini memiliki potensi pemuda yang lebih di banding daerah lainnya. Berdasarkan data jumlah pemuda 24,6 persen dari penduduk Bulukumba atau berkisar 107.905 orang yang berusia antara 16-30 tahun. Pemuda Bulukumba bergerak di berbagai bidang.

Kabid Pemberdayaan Pemuda dan Kepramukaan, Indrawaty Amin yang merupakan reformer kegiatan ini menjelaskan; “Program Rinduku sebagai wadah agar pemuda dapat lebih leluasa mengembangkan ide dan bakat serta meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya mereka dibidangnya masing-masing. Melalui proyek perubahan itu, diharapkan pemuda dapat diapresasi dan didorong untuk melahirkan ide dan gagasan juga tindakan serta aksi nyata dan berdaya saing”.

“Keberadaan Rinduku menjadi wadah yang membantu pemerintah daerah dalam meraih predikat Kabupaten Layak Pemuda Tingkat Nasional. Serta mewujudkan visi misi pemerintah daerah Kabupaten Bulukumba dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang berjiwa kompetitif” Ungkap Indrawati

“Kabupaten layak pemuda ada tiga indikator. Adanya kegiatan kepemudaan, akses kemudahan bagi pemuda dalam beraktivitas dan regulasi. Regulasi ini yang belum kita punya,” Tutupnya.

Launching Rinduku dilanjutkan dengan seminar Imtaq Kepemudaan dengan tema tingkatkan takwa, aktualisasikan Imtaq dan terus berkarya yang dibawakan oleh Anggota DPRD Bulukumba, H. Safiuddin yang juha Ketua MPD DPD BKPRMI Bulukumba dan Ust Ikhwan Bahar selaku ketua Dai Muda Bulukumba, yang diikuti puluhan pemuda dari siswa-siswi SMA/sederajat dan perwakilan dari pemuda organisasi pemuda Bulukumba.

Setelah Seminar Imtaq dilanjutkan Workshop inovasi kepemudaan dengan tema Kolaborasi pemuda untuk SDGs dengan narasumber Hendriyadi Bakhtiar duta Asean My world 2030, Musawwir Muhtar Co-Founder Tentakel dan Leko2 Inisiative dan Fina Irmawaty Syam program manager of youth sahabat pulau. (Humas)
Editor @ Ikhwan_BP
Follow Instagram@bulukumbapos