Kadis P3A Gelar Pelatihan Konvensi Hak Anak bersama Tim Gapura Bulukumba

oleh -Dibaca sebanyak 70 kali

BulukumbaPos – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) mengadakan Pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) dengan menghadirkan beberapa unsur Instansi dan masyarakat, bertempat di Aula Pertemuan Kantor Dinas P3A di Jl. Anggrek Kota Bulukumba, pada Kamis (27/6/2019).

Peserta yang menghadiri acara tesebut, adalah bentukan dari gabungan beberapa unsur dan di beri nama Tim Gabungan Pemerhati Urusan Anak ( GAPURA), diantaranya para Kepala KUA, Penyuluh Agama, para Dai Muda dari Majelis Dai Muda dan Organisasi Wanita.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Bulukumba H. Ali Yafid yang turut menghadiri acara tersebut, beliau sangat mendukung program ini dan berharap bisa di sinergikan dengan program di Kementerian Agama.

Kepala Dinas P3A Hj. Umrah Aswani kepada media ini mengatakan: Tujuan program ini adalah Menuju Kabupaten Bulukumba Layak Anak, Gapura Bulukumba merupakan Proyek Perubahan Peserta Latihan Kepemimpinan Tk.II pada LAN RI Makassar yang di kerjasamakan dengan pemkab Bulukumba melaui dinas P3A dan kementerian agama melalui MOU yang di tanda tangani beberapa waktu lalu.

“Pada pelatihan ini, kita mengharapkan agar para peserta dari unsur tokoh agama dan masyarakat, serta tokoh wanita ini mampu menyusun konsep ceramah atau panduan penyuluhan yang akan dibuat dalam satu buku panduan dan akan digunakan dalam memberikan Sosialisasi di Masyarakat melalui ceramah-ceramah agama atau Kursus calon pengantin (Catin), terkait 10 Hak- Hak Anak Indonesia berdasarkan Konvensi Hak anak yg terbagi dalam 5 Klaster yaitu :
1. Hak Sipil dan Kebebasan
2. Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif
3. Kesehatan dasar dan kesejahteraan
4. Pendidikan, Pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya
5. Perlindungan khusus
Sehingga Melalui program Gapura ini diharapkan menjadi media penyampaian informasi di tengah2 masyarakat secara terus menerus sehingga Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Anak dapat kita wujudkan. Rilis Hj. Umrah Aswani mantan Kabag Kesra Pemkab Bulukumba ini.
Penulis: Ikhwan_bp
IG@ikhwanbahar_