Kajian Dai Muda; Hikmah dan Keutamaan Dibalik Ibadah Qurban

oleh -Dibaca sebanyak 118 kali

Bulukumbapos.com – Selaku orang beriman, kita harus meyakini bahwa tak satupun perintah Allah yang tak mengandung tujuan, maksud serta manfaat. Berikut ini adalah hikmah, manfaat, tujuan dan kemuliaan dari berqurban dalam ajaran Islam pada hari nahar dan tasyrik, sebagai berikut:

1. Mendapat pengampunan dari Allah
Berbahagialah bagi anda yang berqurban, karena dari berqurban ini, maka dosa-dosa yang dilakukan niscaya akan diampuni oleh Allah swt.

Nabi saw. bersabda: Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa yang kamu lakukan. Dan bacalah, ‘Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku, dan matiku hanya untuk Allah swt., Tuhan semesta alam”’ (HR. Abu Daud dan at-Tirmizi).

2. Mendapat Ridha Allah
Orang mukmin mana yang tidak ingin mendapatkan ridha dari Allah? pasti semua dari kita orang mukmin ingin mendapatkan ridha Allah. Salah satu jalan untuk mendapatkan ridha Allah adalah dengan berqurban, baca (QS al-Hajj [22]: ayat 37).

3. Amalan ibadah yang paling dicintai Allah

Dalilnya, sabda Nabi Saw, yang menerangkan keutamaan bagi orang-orang yang mengerjakan amalan berqurban yang artinya: Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai Allah dari Bani Adam ketika Hari Raya Idul Adha selain menyembelih hewan kurban.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan hakim).

4. Hewan qurban adalah saksi di hari kiamat
Di hari kiamat kelak, hewan qurban akan datang dan memberi kesaksian. Nabi saw. bersabda:

Sesungguhnya hewan kurban itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan kurban telah terletak di suatu tempat di sisi Allah sebelum mengalir ke tanah. Karena itu, bahagiakan dirimu dengannya.” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim).

5. Ganjaran Pahala yang sangat besar

Dalil sabda Nabi Muhammad saw.: “Pada tiap-tiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Hikmah dan keteladanan dari ibadah kurban
Selain keutamaan, tujuan dan manfaat dari penyembelihan qurban di atas, beberapa hikmah keteladanan yang dapat kita ambil dari amalan ibadah qurban antara lain adalah:

1. Menghidupkan sunnah Nabi Ibrahim

2. Belajar dan melatih kesabaran serta taat dan takwa kepada Allah swt.
3. Melatih diri untuk berkorban, demi mendekatkan diri kepada Allah. (islamwiki) @ikhwan_BP