Kemenag; 185 Calon Haji untuk Bulukumba Tahun Ini, Berikut Jadwal Berangkat dan Biayanya

oleh -
Dr. H. Abdul Hakim Bohari.

Bulukumbapos.com – Kementerian Agama RI siap memberangkatkan calon jemaah haji ke Tanah Suci Makkah untuk tahun 2022 ini. Yang selama dua tahun sebelumnya tidak ada pemberangkatan akibat Pandemi Covid-19, kuota haji tahun 2022 untuk Indonesia sebanyak 100.051 orang.

Dalam keterangan resmi di website Kementerian Agama, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, tahun ini Indonesia akan memberangkatkan 100.051 jemaah haji tahun 2022. Hal ini disampaikan Menag dalam sambutannya pada Peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Kenegaraan, di Jakarta.

Doc. 2

Sementara itu, Kementerian Agama Kabupaten Bulukumba melalui Dr. H. Abdul Hakim Bohari selaku Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) merinci kuota yang didapat Kabupaten Bulukumba untuk pemberangkatan tahun 2022 ini.

“Untuk tahun ini, sesuai kebijakan dari Arab Saudi selaku Khadimul Haramain yang menyiapkan 1 Juta kuota calon jamaah haji untuk seluruh negara, dan membatasi hanya bagi calon jamaah yang usia 65 tahun kebawah, dan Indonesia mendapatkan kuota 100.050 jamaah, sedangkan untuk Kabupaten Bulukumba hanya mendapat kuota sebanyak 185 orang, dan nama-nama calon jamaah haji itu sudah terkirim dari SISKOHAT Pusat,” jelas H. Abdul Hakim.

Kasi PHU Kemenag yang juga Ketua PCNU Bulukumba ini dalam wawancara khusus dengan Bulukumbapos.com menjelaskan;” Kuota untuk Kabupaten Bulukumba tahun 2020, 2021, 2022 adalah 403 orang, dari jumlah tersebut yang berusia 65 tahun ke atas sejumlah 74 dan 4 orang diantaranya telah meninggal dunia,”.

Terkait biaya penyelenggaraan Haji, H. Abdul Hakim Bohari menuturkan; Biaya penyelenggaraan Ibadah Haji adalah sebesar 81.747.844,04 juta/1 orang jamaah, dan sekitar 55% disubsidi pemerintah dari dana manfaat setoran awal yang di kelola BPKH, jadi jamaah haji hanya bayar 39 juta lebih untuk tahun ini,”.

Terkait dengan jadwal pemberangkatan, H. Abdul Hakim menyampaikan bahwa penentuan kloter untuk semua kabupaten/kota belum diundi oleh Kementrian Agama, termasuk tanggal pemberangkatan, yang ada baru acuan umum untuk jadwal se-Indonesia yang rangkaiannya akan dimulai awal Juni 2022 mendatang.
(Penulis : Ikhwan)