Mahasiswa Kebidanan Stikes PHB Gelar Praktik Asuhan Kebidanan Komunitas

oleh -Dibaca sebanyak 41 kali

Bulukumbapos.com – Ketua Stikes Panrita Husada Bulukumba (PHB) Doktor Muriyati bersama para dosen program studi D III Kebidanan menghadiri pelepasan 48 mahasiswanya dalam penerimaan mahasiswa program studi D III kebidanan untuk mengikuti program Praktik Asuhan Kebidanan Komunitas yang disingkat P-AKK di desa Seppang Kecamatan Ujung Loe Kab. Bulukumba.

Usai prosesi penerimaan secara seremonial, pada Senin (20/01/2020) di Kantor Camat Ujung Loe yang diterima Camat Ujung Loe Hj. Jusni dilanjutkan penerimaan di Kantor Desa Seppang yang diterima langsung oleh Plt Kades Seppang Sri Kartini bersama para Kepala Dusun setempat yang akan menjadi lokasi praktik.

Ketua Stikes Panrita Husada Bulukumba kepada Bulukumbapos.com menyampaikan esensi dari kegiatan ini: “Pelaksanaan program P-AKK mahasiswa program studi D III Kebidanan angkatan VIII Stikes Panrita Husada untuk tahun 2019/2020 ini dimulai sejak 20 Januari sampai 8 Februari 2020 mendatang”

Lanjut Muriyati: “Adapun tujuan dari pelaksanaan program ini agar mahasiswa dapat melaksanakan asuhan kebidanan secara komprehensif dimasyarakat dengan pendekatan manajemen kebidanan, mengumpulkan data, merumuskan, dan merencanakan kegiatan untuk mengatasi masalah khususnya kesehatan ibu dan bayi”.

Rusnawati, M. Keb Ka. Prodi Kebidanan menambahkan: “Pelaksanakan askeb komunitas ini juga untuk menggerakkan dan meningkatkan peran serta masyarakat, menerapkan strategi pelayanan kebidanan di masyarakat, mengidentifikasi sistem pencatatan dan pelaporan tiap bagian khususnya program KIA, mengidentifikasi peran dan fungsi bidan dalam memberikan asuhan kebidanan pada ibu hamil, bersalin, nifas dan bayi baru lahir normal dengan normal melalui pendekatan manajemen kebidanan, mengidentifikasi peran dan fungsi bidan dalam asuhan konsultasi dan kolaborasi pada kasus yang mengarah kepada komplikasi obstetrik”.
Laporan: Tenri
Editor: Ikhwan Bahar
Follow Instagram@bulukumbapos