Mahasiswa KKN UINAM Desa Topanda Gelar Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah

oleh -Dibaca sebanyak 201 kali
Ust. Ikhwan Bahar memberi materi tentang penyelenggaraan jenazah di desa Topanda

BulukumbaPos – Jika biasanya kita ada mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) di daerah, maka pikiran kita tertuju pada program fisik dari para mahasiswa, namun lain halnya dengan mahasiswa KKN dari UIN Alauddin Makassar yang di tempatkan di Kec. Rilau Ale Kab. Bulukumba tepatnya di desa Topanda, mereka lebih banyak bergerak pada bidang pengembangan keilmuan dan sumber daya manusia atau non fisik.

Seperti yang terpantau hari ini, Selasa (26/3/2019) bertempat di Masjid Nurul Iman Desa Topanda, mahasiswa KKN mengajak ibu-ibu Majelis Ta’lim dan Remaja Masjid untuk mengikuti sosialisasi penyelenggaraan jenazah.

Muh. Huzaili Koodinator Desa (Kordes) Mahasiswa KKN untuk desa Topanda menyampaikan bahwa : “Kegiatan kami dalam proses KKN ini lebih banyak pada non fisik, seperti kegiatan mengajar di sekolah dan TPA, juga program remaja serta ibu-ibu, dan hari ini kami menggandeng Majelis Dai Muda Bulukumba yang kebetulan Ketuanya kakanda Ust. Ikhwan Bahar adalah senior kami, karna beliau alumni UIN Alauddin Makassar untuk membawakan materi tentang tata cara penyelenggaraan jenazah”.Tuturnya.

Ust. Ikhwan Bahar yang di minta mengisi acara ini, memandu puluhan peserta dari pengurus Majelis Ta’lim dan Remaja Masjid untuk mempraktekkan proses penyelenggaraan jenazah mulai dari praktek memandikan sampai mengkafani jenazah.

Turut dalam kegiatan ini, Kepala Desa Topanda Andi Jemma bersama istri, Imam Desa Topanda dan para Kepala Dusun. Andi Jemma mengungkapkan pentingnya pembelajaran seperti ini: “Kami dari pemerintah desa sangat mensupport kegiatan seperti yabg yang di adakan adik-adik KKN ini karna memang di butuhkan di masyarakat, Insya Allah saya sudah minta ke remaja masjid untuk mengagendakan lagi kegiatan pelatihan ini di masa datang” Ungkap Kepala Desa dua periode ini.(**ikhwan)