Mahkamah Agung Saudi Arabia; Wuquf di Arafah pada 10 Agustus 2019

oleh -Dibaca sebanyak 162 kali

Bulukumbapos.com – Mahkamah Agung Saudi Arabia mengumumkan bahwa tanggal 1 Dzulhijjah 1440 Hijriah, jatuh pada hari Jum’at, 2 Agustus, sehingga wuquf di Arafah, 9 Dzulhijjah akah jatuh pada hari Sabtu, bertepatan dengan 10 Agustus. Demikian dilansir oleh Al-Arabiya.net pada Kamis (1/8) malam waktu Saudi.

Pusat Observatorium Universitas Al-Mujma’ah al-Falaki di Sudair, melalui akun twitternya, pun telah mengumumkan terlihatnya hilal awal Dzulhijjah pada Kamis (1/8) sore waktu Saudi. Dengan demikian hari raya Idul Adha 1440 H jatuh pada hari Ahad, 11 Agustus 2019.

Lebih jauh Al-Arabiya menyebutkan bahwa hasil hisab yang dilakukan oleh para ilmuan Lembaga Riset Astronomi dan Geofisika di Kairo menunjukkan bahwa tanggal 1 Dzulhijjah 1440 H jatuh pada hari Jum’at, bertepatan dengan tanggal 2 Agustus, sehingga Idul Adha akan jatuh pada hari Ahad, 11 Agustus.

Terkait dengan hal tersebut, Ustad Muhammad Yusuf Shandy selaku TPHD, (Tim Pendamping Haji Daerah) Kab. Bulukumba mengharapkan agar para calon jamaah haji, termasuk para CJHI asal Kab. Bulukumba Sulsel yang saat ini telah berada di Makkah, diharapkan mempersiapkan diri dengan baik serta memanfaatkan hari-hari yang mulia dan istimewa ini dengan memperbanyak dzikir, doa dan tilawah.

Makkah, 2 Agustus 2019
Laporan dari Muhammad Yusuf Shandy
Editor: Ikhwan_bp
Follow Instagram@bulukumbapos