Pemkab, Kemenag dan Disdukcapil Hadiri Penyerahan KIA sekaligus Bukber di MTsN 1 Bulukumba

oleh -Dibaca sebanyak 123 kali
Kepala Kantor Kemenag (Berdiri) saat menyampaikan sambutan.

Bulukumbapos.com – Rangkaian program inovasi dan religi kembali digelar oleh keluarga besar MTsN 1 Bulukumba Desa Bontomacinna Kec. Gantarang, pada hari Senin (3/5/2021) tiga acara diramu pada di hari ke 21 Ramadan ini, yakni Penyerahan KIA (Kartu Identitas Anak), Buka Puasa Bersama, serta Penutupan Lomba Keagaamaan.

Kadis Dukcapil dalam sambutannya yang diwakili Hj. Sukmawati Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data yang menangani kerjasama antar lembaga menyatakan; “Kartu Indentitas Anak (KIA) ini kita dorong pada semua elemen masyarakat untuk  peningkatan pendataan, perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional anak, hal itu berdasarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak, KTP anak terdiri dari 2 jenis. Yaitu untuk anak yang berusia 0-5 tahun dan untuk anak 5 sampai 17 tahun, dan kami mengucap terima kasih pada pihak Kemenag dan jajaran yang telah membantu mewujudkan hal tersebut melalui Madrasah lingkup Kemenag, khususnya di MTsN 1 Bulukumba ini”,.

Suasana jelang buka puasa bersama (Doc. Creator Em1B).

Bupati Bulukumba yang diwakili Kabag Kesra A. Esfar Tenrisukki dalam penyampaiannya juga menekankan pentingnya Kartu Identitas Anak.

“KIA merupakan hak konstitusional anak sesuai undang-undang, dan atas nama pemerintah daerah mengapresiasi langkah jajaran Kemenag dalam kerjasama penerbitan KIA ini dengan Disdukcapil yang telah di MoU kan sebelumnya bersama bapak Bupati, terlebih dengan masuknya Bulukumba dalam 50 daerah di Indonesia dalam pilot project SIAK Online”, ungkap A. Esfar  Tenrisukki.

Gayung bersambut, Kepala Kantor Kementerian Agama Bulukumba H. Muhammad Yunus dalam penyampaiannya mengaku terus menginstruksikan maksimalisasi pendataan dan penerbitan KIA ini disemua level pendidikan Madrasah, baik negeri maupun swasta, guna mendukung langkah pemerintah dalam hal pemenuhan hak anak dimasa datang.

Muhammad Asdar, Kepala MTsN 1 Bulukumba kepada Bulukumbapos.com merinci kegiatan yang dilaksanakan

“Alhamdulillah, hari ini adalah penyerahan KIA untuk 199 siswa kami di MTsN 1, yang telah melewati tahapan administrasi dan sesi foto, dan hari ini juga adalah penutupan lomba Tadarrus Al-Qur’an yang telah kami adakan secara Online beberapa hari lalu yang diikuti para guru dan siswa dalam rangka menyemarakkan bulan suci ramadan dan ditutup dengan buka puasa bersama”, rinci Muhammad Asdar.

Selain dihadiri para tenaga pendidik dan kependidikan MTsN 1, acara ini dihadiri pula Anggota DPRD Bulukumba H
Amiruddin, Ketua dan Anggota Komite Madrasah, para Kepala Seksi Kantor Kemenag Bulukumba, Pokjawas, Para Kepala Madrasah serta masyarakat sekitar.

Acara buka puasa bersama ini juga diisi ceramah agama oleh Ust. Kamaruddin Lehong yang merupakan Pembina di Pesantren Babul Haer Bulukumba.

Ikhwan / BP