Pengabmas; Stikes Panrita Husada Bulukumba Bentuk Relawan Covid-19

oleh -Dibaca sebanyak 36 kali
Relawan Covid-19 dari mahasiswa Stikes Panrita Husada bersama para aparat pada salah satu posko (Kecamatan Ujung Bulu)

Bulukumbapos.com – Sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat, apalagi disaat pandemi Corona mewabah saat ini, maka Stikes Panrita Husada turut bergerak guna membantu pemerintah dan masyarakat.

Atas dasar surat dari Mendikbud, serta surat dari AIPNI (Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia) tentang pembelajaran dan pengajaran Kemahasiswaan di saat pandemi Covid-19, yang ditindaklajuti dengan arahan dari Ketua Yayasan Panrita Husada Idris Aman kepada Ketua Stikes Panrita Husada Doktor Muriyati, maka dibuatlah pemohonan izin menjadi relawan Covid-19 kepada pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Bulukumba, selanjutnya dibentuklah tim relawan Covid-19, juga sebagai bentuk pelaksanaan praktek Klinik Keperawatan Komunitas Profesi Ners Stikes Panrita Husada Bulukumba. Demikian penjelasan dari Ketua Stikes Panrita Husada kepada media ini pada, Senin (13/4/2020) usai melepas mahasiswa yang menjadi relawan Covid-19.

Pembekalan mahasiswa oleh Ketua Yayasan Panrita Husada dan Ketua Stikes Panrita Husada.

“Sebelum diterjunkan ke lapangan, 44 mahasiswa ini telah kami bersama para dosen telah memberi pembekalan terlebih dahulu terkait apa yang harus di lakukan oleh para mahasiswa, juga arahan dari bapak Idris Aman selaku Ketua Yayasan Panrita Husada agar mahasiswa bisa memberi edukasi informasi terkait menjaga kesehatan diri dan lingkungan guna menghindari Covid-19 ini pada masyarakat nantinya”. Ungkap Doktor Muriyati.

“Ada 6 titik yang kami tempatkan mahasiswa sebagai relawan Covid-19, pada 6 kecamatan yakni di kantor Camat Gantarang, Kindang, Ujung Bulu, Ujung Loe, Herlang dan Bulukumpa,dan melakukan koordinasi dengan pemerintah kecamatan dan Puskesmas setempat”. Tutur Syafruddin, M. Kep selaku Ketua Panitia.

Posko di kecamatan Bulukumpa

“Program ini akan digelar selama 1 bulan dari tanggal 13 April sampai 9 Mei 2020, yang bertujuan menjadi relawan pencegahan covid 19 dan dalam rangka pengabdian masyarakat (KKN profesi Ners), guna memberi edukasi kepada masyarakat dalam upaya promotif dan preventif terhadap wabah Covid-19, serta membagikan Hand Sanitizer dan Disinfektan yang di produksi dari bahan alami di laboratorium Stikes Panrita Husada Bulukumba”. Terang Safruddin.

Dok (Humas)

Berikut daftar dosen yang terlibat dalam program Praktek Keperawatan Komunitas ini:
1. Safruddin. S.Kep. Ns. M.Kep.
2. Azsrul.S.Kep. Ns. M.Kes.
3. Dr. A.suswani M.S.Kep. Ns. M.Kes.
4. Haerati.S.Kep.Ns.M.Kes.
5. Asri. S.Kep.Ns.M.Kep dan
6. Edison Siringoringo. S.Kep.Ns.M.Kep
Penulis :ikhwan_bp (BM)