Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Bulukumba Teken MUO dengan Dai Muda dan HMI

oleh -Dibaca sebanyak 21 kali
Dokumentasi Bawaslu Bulukumba

Bulukumbapos.com – Sebagai lembaga pengawasan pemilu, Bawaslu Bulukumba terus berupaya mewujudkan inovasi menuju proses demokrasi yang jujur, adil, langsung, umum, bebas, dan rahasia khususnya pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba yang akan di gelar pada tahun 2020 ini.

Salah satu program Bawaslu yang terus dimaksimalkan adalah Pengawasan Partisipatif guna meningkatkan partisipasi elemen masyarakat untuk melakukan pengawasan mengawal proses demokrasi ke arah yang lebih baik.

Untuk meningkatkan pengawasan Partisipatif ini, Bawaslu Bulukumba melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba tahun 2020, kamis (12/3/2020). Acara ini digelar di Rumah Makan Bersama (RMB).

Anggota Bawaslu Bulukumba Abdul Rahman menjelaskan keterlibatan masyarakat dalam pengawasan partisipatif ini adalah langkah strategis untuk mengawal proses demokrasi yang lebih baik. Kita berharap masyarakat dapat membantu Bawaslu melakukan pengawasan khususnya mengawasi praktik Politik Uang, Ujaran Kebencian, Hoaks dan isu SARA.

Sementara itu Ketua Bawaslu Bulukumba Ambo Radde Junaid menjelaskan sosialisasi ini untuk mengembangkan pengawasan Partisipatif. Masyarakat terus kita libatkan dalam proses pengawasan, agar pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba tahun 2020 berintegritas.

“Pemilihan kita lakukan yang akan menentukan pemimpin masyarakat. Sehingga pengawasan harus diserahkan kepada masyarakat itu sendiri. Sosialisasi tatap muka kepada masyarakat terus dilakukan Bawaslu, semakin banyak yang terlibat dalam pengawasan, makin sedikit potensi kecurangan yang akan terjadi,” ujar Ambo Radde.

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif ini di ikuti oleh perwakilan masyarakat se kabupaten Bulukumba, Organisasi Pemuda, Perguruan tinggi serta perwakilan media.

Pada sosialisasi ini juga berlangsung penandatanganan MOU dan deklarasi dalam rangka pengawasan Partisipatif antara Bawaslu, Dai Muda dan HMI, penandatanganan bersama ini masing-masing oleh Ambo Radde Junaid Ketua Bawaslu Bulukumba, Ust. Ikhwan Bahar Ketua Majelis Dai Muda (MDM) Bulukumba dan Asyrafu Rijal selaku Ketua HmI Cabang Bulukumba@ikhwan