Categories: Galeri

Rival Cempakas, Penyiar Senior Radio Sejak 1990-an dari Zaman Pita hingga Digital

Bulukumbapos.com – Bagi pendengar setia siaran radio, terlebih yang lahir ditahun 90-an, pasti sangat akrab dengan suara dari Rival Cempakas, sosok Penyiar senior dunia Radio di Kabupaten Bulukumba dan sekitarnya diwilayah Selatan Sulawesi Selatan.

Bung Rival, begitu ia akrab disapa, pria kelahiran Bulukumba pada tahun 1968 silam ini memiliki nama asli Syarifuddin, namun diudara, ia memiliki banyak sapaan, seperti Rival Sebastian dan terakhir Rival Cempakas.

Dalam wawancara khusus dengan Bulukumbapos.com pada Kamis (30/4/2020) di Studio Radio Cempaka Asri Jl. Pepaya No. 1 Bulukumba tempat Bung Rival menyiar, ia menceritakan kisah hidupnya didunia radio.

“Saya mulai aktif bergaul dengan dunia radio sampai jadi penyiar pada tahun 1990-an waktu itu radio Cempaka Asri masih bernama Cempaka Sari, sedangkan Radio Cempaka Sari sendiri mulai mengudara sejak tahun 1989 bertempat di Jl. Labu dibawah manajemen Radio Gamasi Ujung Pandang, lalu berpindah ke Jl. Pepaya ini, dibawah pimpinan Bapak H. Kamruddin, teman-teman penyair saya waktu itu ada Bung Cakra, ilo Gama Jaya keduanya sudah almarhum, ada juga Dadang Malewa, Mbak Elha Sugari, Amrul atau Bung Erol, serta beberapa teman lain”. Kenang lelaki yang telah dikaruniai 12 anak ini.

Saat ditanyakan suka duka menjadi penyiar radio, dengan tersenyum ia menceritakan: “Dulu kami masih pakai kaset pita, jadi untuk memutar lagu pesanan pendengar, distudio disiapkan 4 radio tape, belum lagi kalau pita kaset bermasalah karna tergulung, hingga muncul VCD dan DVD, hingga masa digital dan android seperti sekarang”. Tuturnya.

“Masa digital sekarang khususnya didunia radio itu lebih mudah bagi saya ketimbang dulu, karna pendengar bisa pesan lagu lewat Sms, Telpon, WA atau halaman Facebook RCA, kalau dulu untuk pesan lagu, para pendengar harus menulis dikertas request yang diantar langsung ke Studio. Bagi saya, pendengar itu adalah sahabat dan keluarga saya, radio itu bagian dari kehidupan saya, maka mari cintai dan dengar radio”. Tutup Bung Rival.
Penulis : ikhwan / BP

Edited and Published: Mei 1, 2020 3:01 am

Sponsored News

Berita Terbaru

Satgas TMMD Kodim 1411/Bulukumba Genjot Pembuatan Talud Penahan Tanah dan Air

Bulukumbapos.com - Salah satu program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109  Komando Distrik Militer (Kodim) 1411/Bulukumba…

9 jam lalu

Tingkatkan Kompetensi Kamad, PGMI Bulukumba Kerja Sama BDK Makassar Gelar Diklat

Bulukumbapos.com – Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Guru Madrasah Indonesia (DPD PGMI) Kabupaten Bulukumba menjalin kerja…

1 hari lalu

Yuuk…! Berwisata Sambil Belajar Di Rumah Pohon Pustaka Gareccing Sinjai

Bulukumbapos.com - Rumah Pohon Pustaka Gareccing menjadi salah satu destinasi wisata baru nan unik bagi…

2 hari lalu

[Video] Seorang Gadis Dihukum Menghafal Alquran Oleh IPDA Herman, Ini Penyebabnya

Bulukumbapos.com - IPDA Herman, Kanit LAKA Satlantas Polres Bulukumba menuai pujian dari warga masyarakat khususnya…

3 hari lalu

Ratusan Warga Binaan LAPAS Bulukumba Ngaji dan Belajar Agama Bersama Dai Muda

Bulukumbapos.com - Jumat (25/9/2020) pagi suara orang mengaji bergemuruh dari dalam Masjid Kompleks LAPAS Kelas…

4 hari lalu

Kejari Bulukumba akan MOU Pembinaan Keagamaan dengan Majelis Dai Muda

Bulukumbapos.com - Jejaring dakwah dan pembinaan ummat oleh Jajaran Pengurus Majelis Dai Muda (MDM) Kabupaten…

4 hari lalu