Tari Salonreng Iringi Pembukaan Festival Tari Mahasiswa Nasional ke-5 UKM-SB Talas Unismuh Makassar

oleh -Dibaca sebanyak 401 kali
Tari Salonreng dari Kabupaten Bulukumba di Festival Budaya UKM Talas Unismuh Makassar

BulukumbaPos __Festival Tari Mahasiswa Nasional (Variasi) 5 UKM Seni dan Budaya Talas, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar resmi dibuka dengan penampilan tarian Salonreng asal Bulukumba, di Balai Sidang Unismuh Makassar, Senin (8/4/2019).

Tarian salonreng telah ada sejak 400 tahun lalu dan dipentaskan oleh Sanggar Seni Singkolo Bulukumba
Di pembukaan event bergengsi di kalangan pekerja seni kampus se-Indonesia. Festival Tari Mahasiswa Nasional yang kelima ini di hadiri berbagai pekerja seni baik dari sulawesi maupun diluar sulawesi.

“Dengan tampilnya tari salonreng dipementasan tari nasional menjadi motivasi kami di sanggar untuk menggali kembali nilai-nilai budaya di desa Ara-Lembanna, dimana tari salonreng ini sudah berumur lebih 400 tahun dan masih tetap terjaga keasliannya karena diajarkan secara turun-temurun,” ujar Ketua Sanggar Seni Singkolo, Andi Afriansyah

para penari yang tampil di Festival Tari Mahasiswa Nasional 5 ini adalah generasi terakhir yg menjaga keaslian tari salonreng dari Ara lembanna.

“Saya mengapresiasi atas kegiatan variasi 5. Ini bagian membangun keyakinan bahwa kemajuan suatu daerah harus ditopang oleh kebudayaannya.
Bulukumba sendiri memiliki kebudayaan yang sangat kaya dari barat, utara dan timur. Kita memiliki dimensi kebudayaan yg menjadi modal perekat kabupaten bulukumba” ujar Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria.

Penampilan tari salonreng merupakan khasanah kekayaan masyarakat bontobahari, Bulukumba. (*Ewink_bp)