Tutup Bira untuk Cegah Corona, 1 dari 10 Usul Dai Muda pada Pemkab Bulukumba

oleh -Dibaca sebanyak 288 kali
Logo Dai Muda Bulukumba

Bulukumbapos.com – Merebaknya pandemi Corona yang menghantui hampir seluruh negara di dunia akhir-akhir ini, dan membuat cemas masyarakat dunia tak terkecuali di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan.

Menyikapi penyebaran virus Corona yang begitu cepat, para Dai Muda Bulukumba yang tergabung dalam Majelis Dai Muda (MDM) Kabupaten Bulukumba turut memberi sumbangsih saran pada pemerintah dalam hal ini pemerintah Kabupaten Bulukumba.

Dalam rilis via grup media sosial yang dihimpun BulukumbaPos pada Senin (16/3/2020), dari beberapa pengurus Dai Muda Bulukumba, mereka mengusulkan beberapa poin ke Pemkab Bulukumba untuk mengantisipasi peredaran Virus Corona di Kabupaten Bulukumba.

Ketua Dai Muda Bulukumba Ikhwan Bahar mengajukan beberapa saran: “Saat ini kita diuji oleh Allah dengan virus Corona atau Covid-19 dan sebagai orang beriman maka tentu saja untuk mengatasinya tak lepas dari ajaran agama, termasuk dengan selalu mencuci tangan yang dalam Islam dianjurkan untuk selalu memperbaharui wudhu, selain itu ada beberapa hal teknis yang menjadi masukan bagi pemerintah sebagai pemangku kebijakan di daerah antara lain:
1. Secepatnya berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menutup objek wisata Pantai Tanjung Bira yang disana biasa banyak wisatawan asing yang datang berlibur.
2. Mempertimbangkan untuk tidak memberi izin keramaian yang sifatnya massal dan dihadiri banyak orang apalagi jika itu skalanya nasional atau internasional
3. Menyampaikan kepada masyarakat luas yang ada keluarganya datang dari luar negeri khususnya dari pekerja di Malaysia untuk segera mengecek kesehatan di rumah sakit atau puskesmas
4. Menghimbau masyarakat untuk menunda perjalanan keluar daerah atau keluar negeri untuk sementara waktu
5. Pembagian masker bagi warga dan penyemprotan desinfektan secara massal
6. Membentuk tim terpadu dari tenaga kesehatan dan lainnya untuk mengatasi masalah ini sebagai langkah preventif
7. Menutup sementara akses laut termasuk pelabuhan yang bisa menjadi jalan masuk penyebaran virus Corona
8. Mendata para pekerja, mahasiswa dan masyarakat Bulukumba yang saat berada di daerah terjangkit virus untuk mengambil langkah kebijakan bagi mereka jika akan kembali ke daerah asal.
9. Meliburkan sekolah dan perguruan, serta meminimalisir aktifitas perkantoran
10. Mengajak warga untuk memperbanyak ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Demikian penjelasan Ust. Ikhwan Bahar

Zulfikar, salah satu pengurus Dai Muda Bulukumba menambahkan: “Senang Tiasalah Untuk Selalu berzikir dan berdoa Kepada Allah, semoga kita tidak termasuk daftar orang yang terkena Virus corona, selalu menjaga kebersihan diri dan pola makan, dan jangan sampai Virus Corona kita anggap sebagai Tuhan yang bisa mengakhiri hidup kita, terlebih lagi akibat Virus Corona sampai merubah Silahturahmi kita karna takut untuk berjabat tangan dengan sesama”

Penulis: Wan_BP

Follow Instagram@bulukumbapos