UPPM STAI Al-Gazali Bulukumba Gelar Seminar Hasil Penelitian Dosen dan Mahasiswa

oleh -Dibaca sebanyak 130 kali
Ketua STAI Al-Gazali Bulukumba saat membuka acara Seminar. (dok)

Bulukumbapos.com – UPPM (Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) STAI Al-Gazali Bulukumba mengadakan Seminar dan Review Hasil Penelitian Dosen dan Mahasiswa, pada Selasa 17 November 2020, bertempat di Aula Pertemuan Kampus STAI Al-Gazali.

Kegiatan yang dihadiri para unsur Ketua, Ketua, Prodi, Dosen dan Mahasiswa ini mengangkat tema: Menumbuhkan Peradaban Inovasi Riset Sebagai Tonggak Pengabdian Masyarakat Agent Of Cange.

Pemateri dan Pembanding acara Seminar

Dalam sambutannya diawal acara K.H. Tjamiruddin Ketua Yayasan STAI Al-Gazali mengapresiasi kegiatan yang bernilai ilmiah ini, sementara itu Ketua STAI Al-Gazali Doktor. H. Irmansyah saat membuka acara ini menyampaikan agar kegiatan-kegiatan seperti terus digalakkan dimasa datang oleh UPPM, untuk memberi nilai tambah bagi kampus dan Civitas Akademik STAI Al-Gazali Bulukumba.

‘Harapan kami, semoga pak Ustad Mardianto dan Pak Doktor Bahar selaku pengurus UPPM bisa terus berinovasi mengembangkan kegiatan seperti dimasa datang,’ ujar Ketua STAI Al-Gazali.

Peserta dari Dosen dan Mahasiswa

Materi seminar dibawakan oleh Dosen STAI Al-Gazali Doktor Hj. Najmah Jaman yang membahas isi Desertasinya saat meraih gelar Doktor di Universitas Islam Indonesia Jokjakarta pada 2019 lalu dengan judul’ Rekonseptualisasi Hukum Positif tentang Alasan dan Syarat Poligami di Indonesia’, dengan menghadirkan dua pembanding yakni Ust. Azis Nonci dari Dosen Senior pada perspektif keagamaan dan Ust. Ikhwan Bahar dari Dai Muda pada perspektif Millenial terkait poligami yang juga dosen di STAI Al-Gazali Bulukumba.

Pembahasan materi dari Pemateri, pembanding dan penanggap berkutat pada argumentasi, data dan dalil seputar persoalan alasan Nabi Muhammad SAW berpoligami dan apakah landasannya sebagai sunnah atau hanya cara ‘ala Nabi’ dalam berdakwah, bersosialisasi dan bermasyarakat dikaitkan dengan era saat ini.

Usai Seminar, acara dilanjutkan dengan teknik menyusun laporan penelitian oleh H. A. Asnawi dipandu ibu Saidah dari tenaga pengajar STAI Al-Gazali Bulukumba.
#Penulis : Ikhwan / BP