Ilham, Atlet Disabilitas Judo dengan Prestasi Internasional, Binaan YAPTI Makassar

oleh -Dibaca sebanyak 87 kali
Ilham alias Pasha (Dokpri)

Bulukumbapos.com – Adalah Muhammad Ilham, salah seorang penyandang disabilitas Tuna Netra asal kabupaten Luwu yang saat ini tinggal di YAPTI (Yayasan Pembinaan Tuna Netra Indonesia) Makassar.

Dalam wawancara khusus dengan Bulukumbapos.com pada Selasa (7/7/2020) di Asrama YAPTI, Jl. Kapten Pierre Tendean Makassar, kami menguak sisi lain dari kehidupan Ilham yang lebih akrab disapa Pasha.

Lahir di Belopa pada 01 Januari tahun 1996 lalu, Pasha adalah anak bungsu dari 8 bersaudara, buah hati dari bapak Senna dan ibu jamba.

Saat ditanyakan, prestasi apa saja yang telah ditorehkan di bidang olah raga, Pasha memperlihat beberapa medali dan piagam penghargaan yang telah diraihnya, baik ditingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional bahkan Internasional diantaranya, pada tahun 2014 mengikuti Porda Peparprov pada cabang olahraga Tenis Meja dan meraih Juara 1, pada 2016 mengikuti Peparnas/Paralympic Nasional di Jawa Barat untuk kejuaraan Judo, lalu pada 2018 mengikuti Asean ParagamesJudo di Jakarta, dan pada 2019 mengikuti Kejuaraan Dunia Judo di Jepang mewakili Indonesia.

Ilham, didampingi Ikhwan Bahar, salah seorang pengurus di YAPTI Makassar

Dengan banyak prestasi yang telah ia raih, Pasha juga menyampaikan pesan pada para penyandang disabilitas untuk tetap optimis menjalani kehidupan.

“Walau kita ada keterbatasan tapi tidak boleh lemah, harus berbuat dan tetap optimis, kalau kita mau maka pasti bisa”. Tutur Pasha yang saat ini melanjutkan pendidikan di UIM pada Fakultas FKIP, Jurusan Bahasa Indonesia.

Ilham alias Pasha adalah salah satu dari sekian anak-anak Tuna Netra berprestasi yang merupakan binaan di YAPTI Makassar dengan prestasi berbeda, baik dibidang musik, olah vokal, kaligrafi, keagamaan maupun sains.
Penulis : ikhwan / BP