Jumlah Positif Covid-19 di Bulukumba Menurun dalam Satu Minggu Terakhir

oleh -Dibaca sebanyak 181 kali
H. Daud Kahal (Dok. Pribadi)

Bulukumbapos.com – Jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bulukumba sudah hampir mencapai 200 kasus. Pertanggal 12 Juli kasus positif berjumlah 191 orang dengan jumlah pasien sembuh sebanyak 118 orang, meninggal 5 orang dan yang masih dirawat atau mengikuti Duta Covid-19 Sulsel di Makassar sebanyak 49 orang serta isolasi mandiri sebanyak 19 orang.

Namun demikian, dalam satu minggu terakhir, meski ada kenaikan sebanyak 14 kasus positif tapi jika dibandingkan dengan dua minggu sebelumnya jumlah pertambahan lebih kecil atau menurun. Tambahan positif pada minggu yang lalu hanya terjadi pada tanggal 9 Juli sebanyak 6 orang dari jumlah 177 menjadi 183. Kemudian pada tanggal 11 Juli bertambah 8 orang menjadi 191 kasus.

“Angka ini relatif kecil ketika dibandingkan dengan sebulan sebelumnya atau pada akhir bulan Juni dan awal bulan Juli yang lalu. Di minggu terakhir Juni, jumlah tambahan positif sebanyak 74 orang dan di awal Juli bertambah 29 orang,” beber Jubir Covid-19 Daud Kahal.

Daud Kahal menilai, bisa jadi penurunan angka kasus positif ini karena kesadaran masyarakat untuk menerapkan standar protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari semakin meningkat. “Ini juga tentu tidak lepas dari upaya pemantauan Gugus Tugas dari penerapan kebijakan kebebasan bersyarat yang harus menerapkan standar protokol kesehatan, seperti penggunaan masker,” imbuhnya.

Daud menambahkan faktor lainnya menurunnya angka positif disebabkan karena beberapa tracing kontak dari pasien positif menghindari atau menolak untuk diswab.

“Ini juga menjadi tantangan bagi Gugus dalam pengendalian wabah virus Corona,” ungkapnya.

Untuk diketahui dari jumlah keseluruhan spesimen swab yang diperiksa sebanyak 1262, ada 1184 orang yang hasilnya negatif Covid-19.

H. M Daud Kahal
(Jubir Gugus Tugas Covid-19 Bulukumba) 

#Ikhwan / BP