Rakor FKUB Bulukumba, Ini Pesan Kerukunan Kakanwil Kemenag Sulsel

oleh -
KH. Khoironi saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan Rakor FKUB Bulukumba.

Bulukumbapos.com – Pengurus FKUB (Forum Komunikasi Ummat Beragama) melalui Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bulukumba  menggelar pertemuan lintas agama yang dikemas dalam bentuk Rapat Koordinasi (Rakor) dengan tema: ‘Tantangan Moderasi Beragama Ditengah Isu Radikalisme dan Berita Hoax yang Berpotensi Konflik SARA’, yang bertempat di Hotel Arini 2 Kota Bulukumba.

Acara yang berlangsung selama dua hari  sejak Kamis hingga Jumat (12-13 Agustus 2021) ini, dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan Drs. KH. Khoironi, M. Si.

Dalam paparannya, Kakanwil Kemenag mengimbau segenap ummat beragama di Bulukumba untuk menjaga kerukunan ‘Bulukumba dengan jumlah penduduk yang banyak dan luas wilayah yang cukup besar, serta beberapa agama ada di daerah ini, maka tentu saja potensi konflik ini juga besar, maka penting untuk FKUB menjaga komunikasi antar sesama umat beragama, bahkan jika dibutuhkan, saya juga siap turun untuk membantu komunikasi dan konsolidasi dengan semua elemen di masyarakat, ‘tutur pria yang akrab disapa H. Khoironi ini.

Paparan materi oleh para pemateri dan foto bersama usai acara yang ditutup oleh H. Arifin Kasubag TU Kantor Kemenag Bulukumba.

Seremonial pembukaan acara Rapat Koordinasi ini dihadiri H. Muhammad Yunus Kepala Kantor Kemenag, dan KH. Tjamiruddin Ketua FKUB Bulukumba.

Selanjutnya peserta Rakor menerima materi dari beberapa unsur yang terkait dengan tema yang diangkat, diantaranya Ahmad Arfan Kepala Badan Kesbangpol, Siappa Ketua Kerukunan Umat Nasrani, H. Faturrahman Kabag TU Kanwil Kemenag Sulsel, Sunarti Sain Direktur Harian Radar Selatan, KH. Tjamiruddin Ketua FKUB sekaligus Ketua MUI, IPDA Rahmat Kurniawan KBO Sat Binmas Polres, dan Kapten A. Mapparanru Pasiter Kodim 1411/Blk, yang dipandu Ikhwan Bahar selaku Pengurus FKUB Bulukumba.

Rangkaian materi yang disajikan oleh para pemateri juga menerima berbagai pertanyaan dan masukan dari peserta terkait problematika seputar kerukunan yang muncul dimasyarakat termasuk yang muncul dari media sosial.

Acara ini dihadiri 30 orang peserta dari berbagai unsur, diantaranya Penyuluh Agama KUA Kecamatan, Lurah Caile, Kepala Lingkungan Matajang, MUI, PC NU, Muhammadiyah, DPD BKPRMI, Wahda Islamiyah, Majelis Dai Muda, LDNU, LDII, Perwakilan Polsek Ujung Bulu, Tokoh Pemuda, serta Perwakilan dari Katolik dan Protestan.

Rakor ini juga disiarkan langsung oleh Radio Cempaka Asri 102,5 FM Bulukumba, bagi yang ingin menyaksikan silahkan melalui link berikut:
https://www.facebook.com/rca102.5fm/videos/962028274646388/
(Penulis : Ikhwan / BP