Sejumlah Tokoh dan Penulis Beri “Ceramah” pada Seminar Literasi di Bulukumba

oleh -Dibaca sebanyak 219 kali
Pemberian hadiah buku dari Ketua Agupena Sul-sel pada Ketua Tim Penggerak PKK Kab Bulukumba Siti Isniyah

BULUKUMBA – BP – Puluhan pelajar dan mahasiswa mengikuti Seminar Literasi yang di gelar hari ini, Minggu (10/3/2019) di Gedung PKK Kab. Bulukumba, dengan mengangkat tema “Dari Goresan Pena Menuju Jannah”.

Andika Mappasomba memberi hadiah buku pada Istri Wakil Bupati Bulukumba

Kegiatan yang di motori anak muda kerjasama lintas lembaga, dari Simpul Pena Bulukumba yang di ketuai Abd Halim, Majelis Dai Muda, IPM, dan Lintas Budaya Indonesia, Kab. Bulukumba, dan di sponsori oleh Tim Penggerak PKK Kab. Bulukumba, di buka secara langsung oleh Siti Isniyah, Istri Wakil Bupati Bulukumba, Selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Bulukumba sekaligus menjadi pemateri pada acara tersebut.

Siti Isniyah memberi motivasi pada peserta untuk menulis dan membaca yang baik

Dalam paparannya, Siti Isniyah prihatin dengan kondisi minat baca buku masyarakat saat ini yang semakin menurun dan aktifitas para remaja dan kaum ibu banyak di isi dengan main gadget, sehingga segalanya di gantungkan pada Google.

Hadiri pula sebagai pemateri dalam seminar literasi ini, beberapa tokoh pemuda dan penulis, Panitia Pelaksana Zulfikar menyampaikan :” Yang kami undang sebagai pemateri hari ini antara lain,
1. M. Ardi Ali, Ketua Agupena Selsel, sebagai induk dari Simpul Pena.
2. Ust. Ikhwan Bahar Ketua Majelis Dai Muda Bulukumba
3. Andika Mapasomba, Tokoh Sastra sekaligus Penulis Buku
4. Simon R Sampetoding, Sekretaris wilayah Agupena Sul-sel, dan
5. Ibu Siti Isniyah (Ketua TP-PKK Kab. Bulukumba, di pandu oleh Agussalim Guru Sejarah MAN2 Bulukumba yang Penulis Buku.

Ikhwan Bahar Ketua Dai Muda Bulukumba saat memaparkan materi di Seminar Literasi

Pantauan BulukumbaPos di lokasi, masing-masing pembicara menyampaikan materi sesuai dengan bidangnya yang di kaitkan dengan dunia literasi, M. Ardi mengulas tentang pentingnya dan mudahnya menulis buku, serta memotivasi peserta seminar untuk belajar menulis dari sekarang, sementara Ust. Ikhwan Bahar banyak menyentil seputar baca dan tulis sesuai kaidah agama Islam yang bisa jadi pahala atau dosa, apalagi di eras media sosial saat ini.

Sementara Andika Mappasomba mengulas tentang dunia sastra dan menulis yang mampu mengubah peradaban dunia:”Dengan karya dan tulisan kita akan di kenang orang selamanya, bahkan dalam keluarg saya, TV tak lagi kami nyalakan sebagai cara untuk menjauhkan anak saya dari pengaruh buruk media”. Ujar sang Sastrawan yang sedang menyelesaikan buku barunya yang berjudul Malewa Lelaki yang Berjalan di atas Air ini.

Selain di isi tanya jawab antara pemateri dan peserta, Seminar Literasi ini di selingi pula dengan pemberian hadiah buku dari Ketua TP-PKK Kab. Bulukumba kepada peserta, sebaliknya pemberian buku dari Ketua Agupena Sul-sel pada Istri Wakil Bupati Bulukumba ini.

Juga pemberian hadiah buku berjudul Kinokot dari Andika Mappasomba pada Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Bulukumba, serta penyajian games bagi peserta, sebagai motivasi bagi untuk menulis dan membaca hal-hal yang positif.(**ikhwan)