Usul Dai Muda: Calon Kepala Desa Dites Mengaji, Ini Tanggapan Kadis PMD

oleh -Dibaca sebanyak 109 kali
Logo Dai Muda Bulukumba
Logo Dai Muda Bulukumba

Bulukumbapos.com – Perhelatan pemilihan Kepala Desa sebentar lagi akan digelar di 64 desa se-kab. Bulukumba yang rencananya akan diadakan pada bulan Maret 2020 mendatang.

Seiring dibukanya pendaftaran calon Kepala Desa oleh para panitia pemilihan Cakades (Calon Kepala Desa) yang sementara berlangsung saat ini, para Dai Muda Bulukumba yang tergabung dalam Majelis Dai Muda (MDM) Kabupaten Bulukumba mengusulkan agar para Cakades ini dites juga mengaji.

M. Yusuf Shandy (kiri) Dewan Pembina Dai Muda bersama Ikhwan Bahar Ketua Dai Muda Bulukumba (kanan)

Ketua Dai Muda Bulukumba, Ikhwan Bahar dalam paparannya pada media ini, Selasa (21/01/2020) di Cafe Zebatiq Kota Bulukumba menyampaikan pentingnya tes mengaji ini:

“Sebagai daerah dengan yang dikenal religius dengan perda keagamaan yang telah ada pada 2002 lalu, yang salah satu isi dari 4 perda itu adalah tentang Baca Tulis Alquran, maka sejogyanya pemangku kepemimpinan ditingkat desa juga mengimplementasikan perda ini, dan bagaimana mereka (para Kepala Desa) bisa menerapkan perda Baca Tulis Alquran jika mereka sendiri belum diketahui kemampuan Baca Tulis Alqurannya, itu alasan kami mengusulkan hal ini kepada pemerintah daerah, dan regulasi serta sanksi terkait tes ini betul-betul di terapkan”. Tutur Ikhwan Bahar yang juga Dosen di Stikes Panrita Husada Bulukumba ini.

Arman Maulana (dok)

Arman Maulana, Pengurus Dai Muda Bulukumba turut menambahkan: “Kami mendukung Kadis PMD agar ada tes mengaji bagi calon kepala desa, sebab mereka adalah calon pemimpin yang nantinya akan menjadi contoh bagi masyarakatnya. Bagaimana mau memberi contoh kalau ajaran agama saja mereka tidak tahu mengaji”.

Bahkan Muhammad Yusuf Shandy, Dewan Pembina Dai Muda Bulukumba yang juga Ketua Baznas Bulukumba mengusulkan, tak hanya tes mengaji tapi juga mendorong agar para Kepala Desa nantinya memprogramkan adanya 1 Hafidz 1 desa sesuai arahan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah pada beberapa kesempatan, dengan mendirikan rumah tahfidz tiap desa sebagai tempat mencetak calon Hafidz.

Silaturahmi pengurus Dai Muda ke Ketua MUI Bulukumba (dok MDM)
H. A. Kurniady Kepala Dinas PMD Pemda Bulukumba

H. A. Kurniady, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) yang menangani terkait pemerintahah desa lingkup pemda Bulukumba yang dikonfirmasi pada Selasa (21/01/2020) via telepon terkait usulan Dai Muda ini mengatakan: “Pada dasarnya kami menerima semua usul yang masuk, termasuk usul para Dai Muda ini karna tujuannya baik, namun semuanya tergantung pada kebijakan Bupati Bulukumba dan Insya Allah dengan adanya masukan seperti ini, akan kami sampaikan kepada beliau”. Tutur Mantan Kadis Perhubungan ini.
Penulis:wan_bp
Follow Instagram@bulukumbapos